cerita riris

Serial PBL #Kenalan

Sedang PBL, kemudian ingin berbagi.

Kenalan dulu kuy.

PBL – Pengalaman/Praktik Belajar Lapangan adalah satu dari sekian proses yang harus dilalui mahasiswa fkm undip. Tahun-tahun sebelumnya dibagi 2 tahap, yaitu pbl 1 dan pbl 2. Tapi mulai tahun kemarin atau tahun ini jadi 1 kali saja, di semester 7.

Kami mahasiswa fkm dilepas di masyarakat dengan membawa misi penting, menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat melalui problem solving cycle. Nah tahun ini pbl bertempat di 3 kecamatan di Kota Semarang, yakni Tembalang, Banyumanik, dan Pedurungan. Alhamdulillah aku dapet di Pedurungan, dekat rumah hehe.

Mahasiswa dibagi menjadi 35 kelompok dan diacak atau dicampur antar peminatan.

Daaan aku masuk kelompok 10, yang ditempatkan di Kelurahan Muktiharjo Kidul. Kami masuk kelas 2, dengan dosen pembimbing Bapak Hanan dan Ibu Nikie

kelompok 10

Kelompok 10 alhamdulillah semua peminatan masuk, kecuali biostatistik sih huhu

Epid ada 2, aku dan endang. KL ada ari dan cristin. K3 ada mira dan bu wati (LJ), AKK ada filla dan mbak ay, PKIP ada dira dan dela, Gizi ada nurul, Ento ada huda, KIA ada altriza.  Yeii alhamdulillah mereka baik2 semua.

Nah karena ada 3 masalah yang harus kita selesaikan, maka kita bentuk 3 kelompok kecil, kelompok DBD (aku, endang, ari, huda), kelompok Gizi (nurul, dira, della, cristin), dan kelompok KIA (altriza, mira, filla, mbak ay, bu wati).

Sebelum terjun langsung ke lapangan, kita diberi pembekalan dulu dari kampus. Ada kuliah umum dan pembekalan di kelas-kelas. Trus kita juga survei lokasi untuk cari posko dan cari tahu puskesmasnya dimana. Awal2 sih nyasar wkwk

Bismillah kedepannya makin kompak dan menyenangkan aja deh (eh kayak jargon epid heheu).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s