cerita riris

Dengarlah, dengar

Sssst. Berhentilah bicara sebentar saja. Untuk kali ini, cobalah untuk mendengarkan, aku.

Dengarlah, dengar. Sekali-kali aku juga ingin didengarkan. Maka dari itu aku mendengarkanmu. Kata mereka, jika ingin didengarkan maka kamu harus mendengarkan. Jika ingin dipahami maka kamu harus memahami. Maka dari itu aku mendengarkan dan mencoba memahamimu. Melihatmu bercerita dengan mata berbinar, menceritakan harimu yang menyenangkan. Kamu begitu bahagia. Aku? Tentu saja aku bahagia. Melihat orang yang kamu sayang bahagia merupakan kebahagiaan bukan?. Aku senang kamu selalu datang dan memintaku untuk mendengarkanmu. Tidak kamu minta pun, aku dengan senang hati mau mendengarkanmu. Setidaknya itu berarti kamu membutuhkanku. Aku senang merasa dibutuhkan🙂

Dengarlah, dengar. Terima kasih sudah mempercayaiku menjadi telingamu, menjadi pundakmu. Terima kasih selalu berterima kasih dan memuji bagaimana aku menjadi pendengar yang baik untukmu. Merupakan sebuah penghargaan untukku.

Dengarlah, dengar. Untuk kali ini aku ingin didengarkan. Terkadang aku juga ingin kamu dengarkan. Mesti setiap inginku itu tidak pernah aku utarakan. Bukan karena enggan, lebih tepatnya aku sungkan. Hingga akhirnya semuanya berakhir dalam sebuah tulisan. Menyedihkan.

Dengarlah, dengar. Maukah kamu mendengarkan? Maafkan jika aku meminta. Katamu aku harus belajar meminta bukan? Kamu bilang aku selalu memposisikan diriku “menunggu”, dan itu payah, katamu. Maafkan.

Dengarlah, dengar. Maukah kamu memintaku membagikan beban ini? Karena aku sebenernya tidak mampu memintamu untuk mendengarkanku. Maukah kamu yang memintanya? Karena aku sudah lelah menanggungnya sendirian.

Leave a Reply

