uncategorized

Berubaah !

Dalam hidup ini, mau nggak mau kita harus dihadapkan pada satu kata, perubahan. Entah itu perubahan positif maupun negatif.

Perubahan bisa terjadi pada sesuatu, seseorang, apapun, siapapun. Termasuk diri kita sendiri. Bahkan dalam beberapa hal, kita dituntut untuk berubah, kita dituntut untuk melakukan perubahan. Perubahan yang diharapkan tentu saja perubahan yang positif. Tetapi, kadang kala kondisi lingkungan sekitar bisa menjadikan kita berubah ke arah yang tidak baik. Disinilah peran hati, akal, dan ‘teman’ dibutuhkan.

Menurutku, lingkungan, pergaulan, dan waktu bisa dikatakan sebagai faktor munculnya perubahan. Emm, sepertinya, setiap orang pasti berubah. Menurutku lo. Misalnya nih, waktu SD Risa sama Anggi sahabatan, dekeeeet banget. Nah waktu SMP mereka pisah, pasti ya.. kalo mereka ketemu rasanya bakal ada yang beda deh. Beda disini bukan berarti mereka jadi musuhan loh yaa. Tapi pasti ngerasanya beda. Risa pasti di SMP udah dapet sahabat baru, Anggi juga. Dan meskipun Risa sama Anggi masih sahabatan, tapi rasanya pasti beda. Mungkin ini karena waktu dan jarak yang memisahkan, mungkin. Mungkin juga sikap Risa atau Anggi berubah. Berubah karena kondisi lingungan SMP mereka yang baru, mungkin. Eh? Contoh diatas nyambung nggak sih? Yaa disambung-sambungin aja yah😉

Contoh lain deh.. misalnya nih, dari TK sampai SMP Tya sekolah di sekolah Islam. Di sana Tya itu pede banget, aktif dimana-mana, akademisnya juga bagus. Nah waktu SMA Tya sekolah di sekolah negeri. Di sana Tya jadi pendiem, masih aktif di beberapa organisasi tapi akademisnya menurun. Dan dilingkungan yang lebih ‘liar’ *maaf*, Tya berubah jadi sedikit ‘melenceng’, sikapnya ke temen-temen juga berubah, nggak semanis dulu. Nah, Tya berubah kan?

Contoh lainnya ya.. Misalnya April waktu SMP orangnya pinter banget tapi nggak pinter bergaul sama temen-temen, orangnya pendiem, cupu. Waktu SMA, April jadi lebih gahool, temennya jadi banyak, jadi cerewet. Nah, April berubah kan?

Oke, contoh diatas mungkin benar-benar terjadi di kehidupan nyata lo. Aku sendiri mengalami perubahan, dan bisa dikatakan perubahan yang kurang baik. Beruntung karena aku punya dua sahabat baik yang ngingetin aku, sampe aku nangis lo. Tapi makasih ya Khonsa, makasih juga Zahra😀 *curcol dikit boleh dong.. :p*

Hee, tapi orang yang mengalami perubahan nggak cuma aku. Banyak orang yang –sudah kubilang berapa kali- pasti mengalaminya. Contoh nyata, temanku Kaffi. Dulu orangnya sepertinya galak, pemarah, tapi teges. Nah, sekarang orangnya berubah jadi.. lebih ceria? Lebih menyenangkan? Kupikir temanku yang lain, yang mengenal Kaffi akan berfikir sama. Ada lagi nih, temanku Imam. Dulu dia baiiiik banget. Orangnya ceria, pokokke baik banget. Sekarang orangnya terlihat lebih pendiam, terlihat seperti marah padahal nggak *eh nggak tau ding*, dan kurasa semua temanku yang mengenalnya juga berfikan sama denganku.

Dan kalau orang yang kita kenal, orang yang kita sayang, misalnya teman kita berubah, mungkin kita bakal protes “Kamu kenapa berubah? Kenapa sekarang kamu kok nggak pengertian padahal dulu kamu care banget sama aku..” atau memuji “Ciyee sekarang pake kerudung yang kayak gitu.. nggak yang langsungan lagi.. ciyee”

Nah, kenapa ya manusia berubah-ubah seperti itu? Kenapa dalam hidup harus ada perubahan? Ini karena waktu. Ini karena lingkungan pergaulan. Ini karena tuntutan. Ini karena tanggungjawab. Ini karena inilah kehidupan. Dalam hidup pasti terjadi perubahan. Lihat saja zaman dulu, membayangkan adanya listrik, komputer, dan lain sebagainya bahkan dianggap mustahil. Sekarang? Bahkan berkomunikasi lintas negara pun dengan mudah kita lakukan. Zaman dulu, mencukupi kebutuhan dengan barter. Sekarang? Uang, jual-beli. Trending topic hari ini tentang A, besok tentang B. Kemarin musuh, sekarang teman baik. Kemarin jahat, sekarang baik. Dan lain sebagainya. Perubahan dan perubahan terjadi pada apasaja, siapasaja, kapansaja, dimanasaja.

Kita nggak bisa memaksa orang lain berubah sesuai keinginan kita. Kita nggak bisa memaksa waktu berhenti agar tidak terjadi perubahan. Mari kita melakukan perubahan, tentu saja perubahan ke arah yang positif, perubahan menjadi lebih baik. Berubaaaah !!

20.40

4 September 2012

4 thoughts on “Berubaah !

  1. bener banget tuh!
    satu-satunya hal di dunia ini yang tetap dan nggak berubah adalah perubahan itu sendiri🙂
    semoga kita selalu berubah lebih baik lagi yaaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s