uncategorized

Kepribadian

Baiklah, kali ini saya akan membahas sedikit tentang kepribadian –yang dulu pernah saya janjikan.

Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk yang bersifat dinamis dengan sifat atau kekhasan yang berbeda-beda. Nah, sifat dan kekhasan itu itulah yang sering kita sebut kepribadian. Tapi, menurut KBBI, kepribadian adalah sifat hakikat yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakan dari orang atau bangsa lain.

Kepribadian manusia memang sangat menarik untuk diperbincangkan khususnya bagi para penelliti di bidang psikologi. Ada yang membagi kepribadian menjadi 4, 5, 9, bahkan 16 tipe. Renee Baron dan Elisabeth wagele telah membagi kepribadian manusia menjadi 9 tipe. Mulai dari perfeksionis, penolong, romantic, pengejar prestasi, pejuang, penolong, petualang, pencemas, dan pendamai. Sementara tipologi lain membagi kepribadian menjadi empat tipe yaitu sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris.

Sanguinis –si populer

Orang dengan tipe kepribadian ini biasanya ingin terlihat dominan dalam suatu perkumpulan. Mereka senang bergaul dan berusaha untuk membuat hidup mereka terasa menyenangkan. Terlihat sangat periang walaupun hatinya sedang pilu. Bila dihadapkan suatu masalah, maka si populer ini akan memilih cara paling menyenangkan untuk mengatasinya. Namun sayangnya mereka senang sekali menunda-nunda pekerjaan, tidak tepat waktu.

Melankolis –si sempurna

Mereka yang memiliki tipe kepribadian melankolis selalu ingin terlihat sempurna di hadapan orang lain. Semua rutinitas yang ia miliki pasti disusun dengan rapi. Tipe ini sangat perfeksionis, rapi, dan teratur. Si sempurna ini selalu memaksimalkan pekerjaan mereka. Dalam suatu pertemuan, ia cenderung akan menganalisis, memikirkan dan mempertimbangkan apa yang sedang dibahas dan dibicarakan. Lalu jika ia mulai berbicara, sudah pastilah apa yang dia bicarakan adalah hasil dari pikiran yang mendalam sekali. Sayangnya, tipe ini jarang merasa puas karena terlalu mengharapkan kesempurnaan.

Plegmatis –si cinta damai

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini sangat membenci konflik. Ia mencintai perdamaian. Bagi mereka, perdamaian adalah nomor satu. Ia adalah orang yang sabar, bijak, dan pendengar yang baik. Tidak banyak bicara tapi senang mengamati tingkah laku orang lain dan sangat pintar menjaga emosi. Ketika mereka diminta melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai, mereka akan tetap melakukannya jika untuk perdamaian. Namun, si cinta damai ini kurang antusias terhadap kegiatan ataupun perubahan baru, terkadang merasa takut dan khawatir atau bahkan terlalu pemalu dan pendiam.

Koleris –si kuat

Mereka yang memiliki kepribadian ini biasanya bersikap keras. Suka sekali mengatur, menunjuk-nunjuk dan memerintah orang lain. Bisa dibilang, si kuat ini terobsesi untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, mereka sangat percaya diri, tidak mudah menyerah, dan teguh pendirian.

 

Setiap manusia pasti memiliki empat kepibadian tersebut, namun ada satu atau dua tipe yang menonjol. Jangan tanya  mana yang lebih baik. Setiap manusia memang diciptakan dengan kepribadian yang berbeda-beda. Dengan kepribadian yang berbeda-beda inilah yang menjadikan hidup seseorang menjadi semakin berwarna.

Penasaran dengan kepribadianmu? Coba cek di -> kepribadiaku.com😉

Mohon maaf apabila dalam tulisan ini banyak terdapat kekurangan, untuk lebih pastinya bisa bertanya pada pakar psikologi.

Source: M-News Edisi XII Tahun 2012 dengan perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s