david archie · Islam

Jilbab

Banyak orang bilang kalau pakai jilbab, perempuan jadi makin cantik. Ya, bukan hanya cantik, perempuan yang memakai jilbab sudah melaksanakan kewajibannya menutup aurat. Jilbab yang dipakai hendaknya menutupi leher dan bagian dada. Pakaian yang dipakai hendaknya tidak menampakkan bentuk tubuh, tidak tipis, tidak diberi pewangi yang berlebihan. Dalam Islam, semua sudah diatur sedemikian sempurnanya dan memiliki hikmah.

Tapi, hikmah dari pemakaian penutup aurat ini tidak akan terasa kalau pergaulan tidak dijaga. Bertegur sapa, senyum, dan bergaul, haruslah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Allah. Islam menyuruh kita untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah, tapi Islam juga mengatur batasan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim. Sebenarnya, disitulah letaknya keindahan seni pergaulan Islam.

Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim boleh berteman, berbincang,  dan bergaul, tapi tetap jaga hijab. Tidak sembarangan, tidak berlebih-lebihan.

Banyak hikmah dari peraturan yang ditetapkan Allah dalam Islam. Di antaranya yaitu agar memelihara kesucian dan kemuliaan diri, serta terhindar dari fitnah. Dalam Islam segalanya mesti diletakkan pada tempatnya. Dengan seni pergaulan yang dikawal oleh akhlak, barulah datang hikmah dari peraturan yang Allah bekalkan ini.

-diambil dari mutiara amaly vol. 79 dengan perubahan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s