Sulung

Aku adalah anak sulung dari lima bersaudara. Adikku banyak kaan? 3 perempuan dan 1 laki-laki. Setiap hari rumahku rame ^^

Jadi anak pertama itu spesial :D kelahirannya yang paling di harapkan dan di tunggu-tunggu. Ya.. walaupun setiap anak pasti kelahirannya dirunggu-tunggu.. tapi tetep aja anak pertama itu spesial. Menjadi yang ‘pertama’ memang spesial.

Meski begitu, menjadi anak pertama dan punya banyak adik itu tanggung jawabnya besar lho. Jadi kakak itu harus bisa jadi contoh buat adik-adiknya. Harus bisa bantu umi abi jagain adik. Harus bisa ini itu lah. Mm.. punya banyak adik itu seru.. nyenengin :D

Tapi.. kadang-kadang nyebelin. Apa-apa kakak. Selalu kakak yang disuruh ini itu. Kakak juga yang selalu dimarahin. Kakak juga harus selalu ngalah. Kalau beli apa-apa, kadang kakak nggak di beliin. Tapi kalau kakak mau beli sesuatu, pasti adik dibeliin juga. Kadang ngerasa.. orang tua kita kok nggak adil sama kita..? orang tua kita kok lebih sayang sama adik daripada kita..? Sebagian besar anak pertama pasti pernah ngerasa kayak gitu.. termasuk aku. Hehe.

Tapi coba deh di pikir.. Kenapa orang tua kita selalu nyuruh kita, nggak nyuruh adik kita? Itu karena orang tua kita percaya sama kita :)

Sebagai anak pertama, aku ngertilah seneng sedihnya jadi anak pertama -yo mesti- Jadi kalau ada yang curhat sama aku, aku bisa ngertiin mereka. Karena aku juga ngerasain hal yang sama.

Jadi anak pertama itu lebih dulu mengenal dunia, lebih dulu tau ini itu. Dan ketika adik mulai mengenal apa yang sebelumnya udah dikenal kakak, kakak kudu membimbing adiknya. Adik nggak tau apa-apa, nanyanya ke kakak. Apa-apa kakak deh.

Anak pertama itu image nya mandiri, nggak manja, dewasa, yang apik-apik lah. Tapi aku kok belum bisa kayak gitu yaaa .___. Tapi sedikit-sedikit belajar mandiri dan nggak manja kok.. hehe

Ni contohnya, waktu mau masuk smaga, aku ngurus sendiri lho semua syarat-syarat dan keperluannya. Sebenernya sama temen-temen sih.. hehe. Mulai dari daftar online, verifikasi, tes masuk, lihat pengumuman, sendiri. Mm.. tapi pas daftar online pas ada masalah aku minta tolong abi ding, hehe. Trus pas verifikasi sama tes masuk aku berangkat sendiri naik brt sama temenku. Eh tapi pas hari kedua tes yang ada wawancaranya sama abi ding, yaiyalah.. kan ada wawancara orang tua juga. Waktu lihat hasil pengumuman, waktu itu di sekolah, lihat bareng-bareng di perpustakaan sama temen sekelas sama guru-guru, hehe. Maklumlah, di harapan bunda, murid sama guru itu dekeeeeeet banget, bener deh, nggak boong.

Nah, kalo adikku, diurusi banget sama orang tuaku. Malahan orang tuaku nyuruh aku mbantuin adikku itu. Nah loo.. keliatan kan bedanya anak pertama sama anak yang lainnya.

Eh tapi rasanya dipanggil ‘kakak’ itu.. asik tauk :D apalagi, diumurku yang baru satu tahun empat bulan, aku udah dipanggil ‘kakak’. Tapi rasanya pingin deh punya seseorang yang bisa dipanggil ‘kakak’. Bisa jadi tempat curhat dan tanya-tanya. Bisa jadi contoh buat aku. Rasanya aku belum mampu jadi contoh yang baik buat keempat adikku. Mandiri, nggak manja, dewasa. Rasanya masiiiiih jauh dari kata-kata itu.

Kadang-kadang, sedih juga kalau di banding-bandingin. Nyesek kalau di bandingin sama adik tapi posisinya ‘adik lebih baik’. Biasanya kan kalau dibandingin, posisinya ‘kakak lebih baik’ dan itu wajar. Nah kalo ‘adik yang lebih baik’? nyesek, banget. Apalagi kalo digituin sama semua orang. Aduuuuh :( Haha, aku pernah ngerasain kok :’

Kadang aku juga ngerasa, waktu umi sama abi lebih banyak buat adik daripada aku. Jadi pingin balik jadi anak kecil lagi. Malah pernah pingin jadi anak tunggal. Jadi semua perhatian dan kasih sayang umi abi cuma buat aku.. hehe. Tapi enggaklah, aku udah gede -tapi belum dewasa-, dikit-dikit ngerti sikon lah. Orang tuaku kan sibuk, dua-duanya kerja. Adikku juga masih kecil-kecil, masih perlu dan lebih butuh umi abi. Harusnya aku bisa bantu umi abi..

Yah… dan karena dirumah aku nggak bisa manja, pelarianku adalah sekolah. Jadi temen-temen maaf dan maklumin yaa kalo aku manja en childish.. habis, manjaku dirumah udah direnggut.. haha.

Oke, kayaknya ni curhatan belum rampung tapi udah banyak nih -,- mending di udahin aja deh. Maaf yah kalo isinya nggak penting, cuma pingin curhat u,u

Dan untuk seluruh anak pertama didunia, kita ini SPESIAL :D

4 Comments

Leave a Reply

